widgets

Jumat, 04 April 2014

BAB VII

Pengertian Rumus Perbandingan

Fungsi IF adalah fungsi yang paling sering digunakan pada Microsoft Excel. Fungsi ini jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya “Jika”. Dan penggunaannya memang untuk logika, misalnya jika nilai di di atas 70, maka lulus, jika tidak maka tidak lulus. Nah logika di atas dapat menggambarkan bagaimana fungsi IF berjalan.
Rumus dasar fungsi IF adalah:
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Penjelasannya adalah sebagai berikut:
- Logical_test = nilai atau ekspresi yang akan diujikan (True atau False), contohnya nilai seorang siswa adalah 80.
- Value_if_true = nilai yang dihasilkan jika logical_test bernilai benar (True), jika nilainya di atas 70 maka LULUS.
- Value_if_false = nilai yang dihasilkan jika logical_test bernilai salah (False), jika nilainya di bawah 70 maka TIDAK LULUS.
Contoh rumus :
=if(a1>70;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)

Untuk lebih jelasnya kita akan membuat contoh 2, 3 dan 4 perbandingan.

1.       Dua Perbandingan
Pernyataan : Jika nilai rata-rata murid lebih besar dari 70 maka dinyatakan lulus dan dibawah 70 maka dinyatakan tidak lulus.
penggunaan rumus perbandingan di ms excel
Rumus yang digunakan pada kolom KET adalah =IF(B2>=70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”). Cara membaca rumusnya adalah (IF) Jika nilai pada kolom B2(>) lebih besar atau (=) sama dengan 70 maka dinyatakan lulus(“LULUS”) namun jika nilainya dibawah 70 maka dinyatakan tidak lulus(“TIDAK LULUS”). Lihat penggunaan fungsi IF diatas, karena kita hanya melakukan 2 perbandingan saja maka fungsi IF yang digunakan hanya satu.


1.       Tiga Perbandingan
Pernyataan : Jika murid kelas A jurusan IPA, murid kelas B jurusan IPS dan murid kelas C jurusan Bahasa.
fungsi rumus IF di ms excel
Rumus yang digunakan pada kolom KET adalah =IF(B2=”A”,”IPA”,IF(B2=”B”,”IPS”,”BAHASA”)). Cara membaca rumus adalah (IF)Jika kolom B2 adalah A, maka KET adalah IPA, dan (IF) jika kolom B2 adalah B maka KET adalah IPS dan jika kolom B2 bukan A dan B maka KET Bahasa. Karena terdapat tiga perbandingan maka kita menggunakan fungsi rumus IF dua kali.


1.       Empat Perbandingan
Pernyataan : jika murid kelas A jurusan Mesin, murid kelas B jurusan Elektro, murid kelas C jurusan Gambar dan murid kelas D jurusan Bangunan.
belajar menggunakan rumus perbandingan di ms excel
Rumus yang digunakan pada kolom KET adalah =IF(B2="A","MESIN",IF(B2="B","ELEKTRO",IF(B2="C","GAMBAR","BANGUNAN"))). Cara membaca rumus adalah (IF)Jika kolom B2 adalah A, maka KET adalah MESIN, (IF) jika kolom B2 adalah B maka KET adalah ELEKTRO, (IF) jika kolom B2 adalah C maka KET adalah GAMBAR dan jika kolom B2 bukan A,B dan C maka KET Bangunan. Karena terdapat empat perbandingan maka kita menggunakan fungsi rumus IF tiga kali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar